Rabu, 13 Maret 2019

El Tajin - Keagungan di Hutan Meksiko

Pusat upacara kuno yang belum pernah ditemukan oleh penjelajah Spanyol ...

Situs Warisan Dunia PBB dan salah satu situs arkeologi paling penting di Meksiko ...

Di luar jalur wisata yang terpukul, di negara bagian Veracruz dekat Teluk Meksiko ...

Tempat yang sangat indah ...

El Tajin

Pemandangan pertama dari reruntuhan sangat mencengangkan. Hijau zamrud dari rerumputan dan hutan, tekstur bebatuan, abu-abu lembut dan kesejukan dari hujan yang lembut, dan pemandangan beberapa struktur piramidal semuanya digabungkan untuk membelai mata dan mengundang penjelajahan. Kami berkelana di sekitar situs besar. Lebih dari 30 dari lebih dari 160 bangunan yang diketahui oleh para arkeolog telah digali. Semakin jauh saya dan suami saya pergi, semakin menakjubkan bangunan itu.

Saya menyerahkan diri untuk berada di tempat dengan begitu banyak kehidupan dan sejarah, perasaan yang kuat dari orang-orang di masa lalu. Sangat menyenangkan berada di sana, dan juga mengingatkan betapa singkatnya waktu saya sendiri, dalam skema yang hebat.

Kota ini adalah pusat spiritual dan politik - kedua konsep itu saling terkait. Dalam bahasa Totonac, tajin berarti guntur, kilat, atau angin topan, yang semuanya dapat terjadi dengan hebatnya di wilayah itu, antara Juni dan Oktober. Dewa pasukan ini disebut Tajin oleh Totonac.

Para sarjana umumnya tampaknya setuju bahwa sebagian besar situs itu dibangun oleh Totonacs, yang menempati wilayah geografis besar di bagian Meksiko ini. Masa kemegahan El Tajin mulai dari sekitar 800 hingga 1200 M dan mungkin melibatkan populasi sekitar 25.000 orang, tersebar di wilayah yang lebih luas daripada situs itu sendiri.

El Tajin ditinggalkan pada tahun 1230 M, karena alasan yang tidak diketahui - mungkin serangan Chichimecas, mungkin sesuatu yang lain. El Tajin tidak terletak di tempat itu karena alasan pertahanan - situs ini sepenuhnya terbuka.

Pada saat penaklukan Spanyol, El Tajin ditutupi oleh hutan. Pada 1785, seorang insinyur Spanyol bernama Diego Ruiz sedang mencari penanaman tembakau yang ingin dikendalikan oleh orang Spanyol, dan ia tiba di Piramida Relung. Seperti yang dikatakan salah satu brosur, ia menjadi orang Eropa pertama yang melihat El Tajin. Saya menyukai kata-kata itu lebih baik daripada ungkapan Euro-sentris yang lebih biasa, bahwa ia "menemukannya".

El Tajin memiliki sejumlah lapangan bola, untuk permainan ritual yang terkenal karena hasil pengorbanan manusia. Saya ingat kengerian saya ketika keluarga saya pergi ke situs Maya di Yucatan ketika saya berusia sembilan tahun. Kenangan akan penolakan itu membuat saya bertanya-tanya apakah El Tajin akan membuat saya merinding. Jauh dari itu ... rasa peradaban yang saya rasakan di El Tajin sangat kuat. Keseimbangan adalah konsep sentral bagi mereka, menjaga dunia dalam keseimbangan di antara pertentangan dualitas yang oleh beberapa sarjana dipandang sebagai bagian utama dari pandangan dunia Totonac.

Kami berkeliaran, dan menemukan diri kami di jalan setapak yang menanjak melalui hutan. Mengingat peringatan sebuah buku panduan tentang ular berbisa di hutan yang lebih lebat, kami tetap berada di jalan setapak. Segera kami menemukan sumur yang digali dengan tanda meminta orang untuk tidak mengotori seperti yang digunakan untuk minum. Kami telah mencapai ujung-ujung reruntuhan, dan ada sebuah rumah kecil dan ladang jagung. Kami bertanya-tanya tentang penduduk asli keturunan Totonac. Apakah mereka tinggal di sini di antara reruntuhan leluhur mereka selama berabad-abad ini?

Sangat enak melihat begitu sedikit turis lain di sekitarnya. Tampaknya ada kurang dari lima puluh di seluruh situs sementara kami berada di sana. Senin hujan di bulan Februari tidak menarik angka-angka yang akan ada di sana di waktu lain, tetapi El Tajin masih benar-benar keluar dari jalur wisata yang dikalahkan. Perjalanan di Meksiko di musim off memiliki manfaatnya. Beberapa teman kami pergi ke El Tajin di equinox musim semi, dan mereka melaporkan bahwa ada ribuan orang di sana untuk upacara khusus.

Akhirnya, kami berjalan kembali ke museum di pintu masuk ke halaman. Saya mengobrol sebentar dengan seorang penjaga muda, yang juga seorang mahasiswa. Dia sangat berpengetahuan tentang sejarah di sana. Saya juga mengajukan pertanyaan yang lebih kontemporer: bisakah kita berkemah semalam di tempat parkir? Dia meyakinkan saya bahwa turis sering melakukannya dan tidak pernah ada masalah. Yang perlu kami lakukan adalah datang sekitar jam tutup dan memberi tahu kedua penjaga malam bahwa kami akan berada di sana.

Kami memiliki malam yang menyenangkan di motorhome, melihat-lihat banyak foto yang kami ambil dan membaca buku dalam bahasa Spanyol yang saya beli tentang El Tajin. Makanan anjing yang saya beli sangat berguna. Ada beberapa anjing gembur di tempat parkir dan di dekat kios suvenir. Satu anjing jalang kecil berwarna coklat dengan cepat mengadopsi kami, mengejar anjing-anjing lain.

Saya ingin memberi makan dua anjing cokelat kecil lainnya, tetapi bahkan ketika saya mengeluarkan dua dan tiga tumpukan terpisah agak jauh, si jalang - yang kami juluki Brownie One - berlari menggeram dari tumpukan ke tumpukan, mengelola untuk menjaga agar kedua Brownies lainnya tidak mendapatkan banyak. Ketika Kelly keluar untuk menyalakan pemanas air panas, anjing-anjing itu kecewa karena korek api yang dipegangnya bukanlah sesuatu untuk dimakan. Secara singkat aku berharap kita bisa membawa Brownie One pulang, tetapi aku tahu dua anjing kita di rumah tidak akan menerimanya dengan mudah. Malam itu, dia tidur di bawah RV, dan Brownies lainnya - apakah mereka anak-anaknya yang sudah besar? - tidur di dekatnya. Ketika sebuah truk melewati tempat parkir pada dini hari, ketiga anjing itu dengan giat melindungi kami dengan gonggongan mereka. Perjalanan di Meksiko melibatkan melihat anjing-anjing seperti itu di mana-mana, dan saya sangat menikmati mengenal anjing-anjing yang penuh semangat ini.

Aku bertanya-tanya apakah kita akan memiliki mimpi yang menarik di dekat reruntuhan, tetapi tidak ada dari kita yang ingat. Dini hari, kami melihat orang-orang meninggalkan reruntuhan untuk pergi bekerja dan sekolah, menambah rasa kelangsungan hidup. Segera setelah situs itu resmi dibuka, Kelly pergi selama beberapa jam dengan kamera videonya. Saya menikmati waktu anjing lebih sedikit dan kemudian menjelajahi situs untuk sementara waktu sendiri.

Kembali di area pintu masuk, saya punya pertanyaan untuk seorang pria muda di meja depan dengan siapa saya berbicara sehari sebelumnya. Ada seorang lelaki lain bersamanya, juga dalam kemeja putih dan celana panjang krem ​​yang menandakan mereka adalah karyawan situs tersebut, yang dijalankan secara kooperatif oleh negara bagian Veracruz dan Institut Nasional Antropologi dan Sejarah.

Saya telah memperhatikan antusiasme semua orang yang bekerja di sana, sama sekali bukan kepribadian penjaga museum yang kaku. "Semua orang yang bekerja di sini tampaknya sangat tertarik dengan situs ini," aku memulai. "Apakah kamu arkeolog?" Saya pikir mereka mungkin mahasiswa pascasarjana.

Tidak, kata pria yang lebih tua, mereka bukan arkeolog. Yang lebih muda menjelaskan bahwa mereka adalah Totonacs sendiri. Mereka berbicara bahasa Totonac di rumah mereka, sejak kecil. Reruntuhan besar ini adalah ciptaan leluhur mereka. Dia mengatakan beberapa hal lain yang saya tidak bisa mengerti ... Saya menjadi lebih baik dalam mengikuti bahasa Spanyol, dan mereka berbicara lebih jelas daripada kebanyakan, mungkin dari paparan mereka kepada orang asing lainnya. Namun saya masih jarang mengerti 100% percakapan.

Kami meninggalkan El Tajin dengan perasaan sangat puas, perasaan telah sangat diperkaya. Itu akan menjadi salah satu poin tertinggi dari seluruh perjalanan kami di Meksiko.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar