Rabu, 06 Maret 2019

Lihat Dari Kursi Tukang Cukur

Jika Anda ingin memotong rambut di Villefranche du Perigord, sebuah desa di jantung Prancis, Anda memiliki dua pilihan. Di satu sisi jalan adalah seorang penata rambut, semua cermin krom dan mengkilap, sedikit lebih jauh ke bawah adalah tukang cukur dari jenis pisau cukur yang kejam.

Tapi itu bukan toko gaya Sweeny Todd lebih tempat yang bagus untuk menikmati dosis berat kehidupan Prancis. Aku sudah mempersiapkan diri untuk kunjungan itu, belajar kata Prancis singkatnya, untuk sedikit lebih pendek dan meninggalkan cambang seperti apa adanya.

Yah, mungkin bukan yang terakhir.

Saya juga berharap akan ada beberapa gambar di dinding, seperti semua tukang cukur yang baik, yang setidaknya bisa saya tunjukkan. Tapi saya kemudian mengalami serangan panik karena saya pikir mereka semua mungkin gambar dari tahun 70-an dan saya harus menunjukkan sesuatu yang akan dibanggakan oleh Hair Bear Bunch.

Ketika saya berjalan ke toko ada seorang pria tua duduk di kursi dengan tukang cukur merawat rambutnya dan mengobrol. Mereka berdua berbalik ke arahku dan berkata 'bonjour'.

Saya mengembalikan sambutan dan karena tidak ada yang menunggu hanya duduk di salah satu kursi dan menunggu giliran saya. Sepuluh menit kemudian dan saya duduk di bawah gunting cepat dan gaya halus Daniel Galdrat, tukang cukur sejati Villefranche du Perigord.

"Saya telah menjadi tukang cukur di desa selama 43 tahun, saya dilahirkan 50 meter dari toko dan saya tinggal di sini sepanjang hidup saya," kata Daniel.

"Setelah saya meninggalkan sekolah, saya dilatih untuk menjadi tukang cukur di perguruan tinggi dan mulai bekerja di toko."

Daniel lebih merupakan pematung daripada penata rambut, ia menggunakan gunting dan sisir seperti seorang seniman menggunakan kuas, dengan sentuhan lembut dan dedikasi terhadap detail. Dia beralih ke pisau cukurnya untuk mengambil rambut dari bagian belakang leher Anda dan hanya menggunakan pemangkas listrik untuk menjinakkan cambang Anda.

"Sayang sekali bahwa penata rambut saat ini hanya menggunakan pemangkas untuk memotong rambut orang, tetapi itulah yang diajarkan di perguruan tinggi," kata Daniel.

"Mereka tidak memiliki pengetahuan tentang bagaimana menggunakan gunting dan sisir untuk memotong rambut, mereka mungkin juga mencukur domba." Di belakang toko adalah koleksi jamur kayu, tongkat dan tongkat - gairah lain dalam kehidupan Daniel.

Dia menikmati pergi ke hutan Dordogne di sekitar desa dengan anjing dan kameranya untuk mengambil gambar jamur yang dia gunakan sebagai dasar untuk penebangan kayu. Dan jelas untuk melihat keterampilan yang telah dia kembangkan sebagai tukang cukur keluar dalam hobinya lagi sentuhan seorang pematung terlihat jelas.

"Aku menikmati pegunungan," kata Daniel sambil menunjuk poster besar pegunungan Alpen di dinding.

"Tapi aku tidak bisa melihat mereka sesering yang aku mau

"Aku berharap segera pensiun, tetapi belum ada yang mengambil alih jalannya toko."

Ketika luka saya hampir habis, seorang pria lain turun ke toko, kata Bonjour, dan menjabat tangan Daniel dan tangan saya. Dia mengatakan cuaca akan segera berubah dan ketika aku bangun untuk membayar, dia mengambil tempat di kursi tukang cukur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar